Sabtu, 29 Desember 2012

Membuka Bisnis menggunakan Merek yang sudah di kenal (Franching)


Franchising


Franchising adalah suatu bentuk bisnis yang menggunakan sebuah merk dagang yang sudah ada dan kemudian membeli lisensi merk dagang tersebut dengan tujuan ingin membuat suatu bisnis yang sama dengan merk dagang tersebut. Cara ini dapat memudahkan pengusaha, karena mereka tidak repot untuk memikirkan suatu merk dagang dan produk yang akan di perdagangkan, para pengusaha atau yang dapat di sebut sebagai Franchisee hanya menyerahkan modal berupa uang untuk menggunakan merk dagang tersebut. Sedangkan para pemberi waralaba atau bisa disebut dengan Franchisor akan mendapatkan ongkos royalti setiap bulannya dari Franchisee.

Franchising Asing

A. Definisi
Franchising asing adalah suatu bentuk bisnis waralaba yang pemberi atau Franchisor dari bisnis tersebut adalah pihak asing, atau merk asing yang di beli lisensi hak dagangnya oleh Franchisee local atau dalam negeri

B.Contoh















C. Keuntungan dan Kelemahan Franchising Asing

Keuntungan bisnis franchising antara lain:
1. Pengalaman dan faktor sukses (pengalaman bisnis dengan franchisingdi Amerika dapat memberikan tingkat keberhasilan 93%, sedangkan bisnis biasa hanya memberikan tingkat keberhasilan sekitar 35%).
2. Bantuan keuangan dari franchisor.
3. Brand name dan reputasi.
4. Bisnis sudah terbangun
5. Standarisasi mutu.
6. Biaya produksi rendah.
7. Kesiapan menajemen.
8. Bantuan manajemen dan teknik.
9. Profit lebih tinggi.
10. Perlindungan wilayah.
11. Memperoleh manfaat market research dan product development 
12. Risiko gagal kecil.

Kerugian Franchising:
a. Program latihan franchisor terkadang jauh dari harapan.
b. Franchisor hanya sedikit memberikan kebebasan.



Kesimpulan : setiap jenis bisnis dapat anda mulai dengan membuat merek sendiri atau yang sudah ada, dengan anda menggunakan merek yang sudah dikenal mungkin bisnis anda akan mudah diterima oleh konsumen, tetapi bila terjadi pemberitaan buruk tentang merek yang anda gunakan maka bisnis anda akan mengikuti pemberitaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar