Rabu, 23 Januari 2013

Faktor yang Mempengaruhi Iklim Bisnis di Indonesia


Investasi
      Investasi adalah sumber dana untuk dapat menjalankan suatu usaha. Bisa di dapatkan melalui pinjaman atau modal sendiri.

Contoh: Pihak pihak Bank swasta yang bersedia untuk meminjamkan modal usaha kepada para wirausahawan untuk membantu kinerja usaha atau untuk membangun usaha baru.

 Izin Usaha
      Izin usaha adalah suatu bentuk persetujuan atau pemberian izin dari pihak yang berwenang atas penyeleranggaraan kegiatan usaha yang dilakukan oleh perorangan maupun suatu badan. Izin Usaha bermanfaat agar kegiatan usaha yang dilakukan lancar dan tidak mendapat masalah dalam hal penempatan usaha ataupun promosi produk.

Contoh: Jika kita ingin mendirikan suatu usaha baru di tempat tertentu maka kita harus mengurus izin usaha ke pemerintah setempat, setelah mendapatkan izin barulah kita dapat melakukan kegiatan usaha tersebut.

Infrastruktur
      Dalam hal ini berhubungan dengan  fasilitas antara lain dapat berupa jalan, air bersih, pengelolahan limbah, perlistrikan, dan telekomunikasi.

Contoh: Bisnis yang kita lakukan harus di lakukan di tempat yang strategis dan mendukung kegiatan kita dalam berbisnis. Misalnya kita ingin memasarkan produk yang kita buat, maka harus ada tempat pemasaran berupa pasar untuk membantu kita dalam menjual produk kita.

Sumber Daya Manusia
      Potensi yang terkandung di dalam diri manusia berupa kerajinan, kepintaran, kreatifitas dan semangat dalam melakukan suatu pekerjaan.

Contoh: Dalam memerkerjakan suatu karyawan kita harus dapat melihat potensi dalam diri seseorang agar nantinya dapat memajukan bisnis yang kita punya.


Tarif dan Administrasi Pajak
      Pajak berupa iuran kas kepada pemerintah yang dikumpulkan dari masyarakat dan bertujuan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan.

Contoh: Besarnya pajak yang ditentukan dalam suatu usaha tergantung kepada besar atau kecilnya kemajuan usaha tersebut. Tapi kadang ada juga yang mematok pajak terlalu besar untuk usaha kecil yang menyebabkan rendahnya minat masyarakat untuk melakukan usaha.

Praktek Monopoli
      Adanya suatu bentuk usaha yang menguasai pasar dan sebagai penentu harga sehingga menyulitkan pendatang baru untuk masuk ke pasar tersebut.

Contoh: umumnya praktek monopoli dilakukan oleh Negara, contohnya adalah PAM, PLN dan PT.KAI. Tapi tidak tertutup kemungkinan bahwa pihak swasta juga memonopoli pasar, contohnya saja produk dalam negeri kalah bersaing dengan produk luar yang pada dasarnya adalah satu jenis produk yang sama tetapi hanya dibedakan oleh merk dan asal pembuatan

Sumber :
http://limerior.blogspot.com/2012/10/faktor-yang-mempengaruhi-iklim-bisnis.html

Kesimpulan :
Setiap Negara memiliki alur bisnis yang menopang negara tersebut. seperti halnya faktor yang dijelaskan di atas, banyak hal yang mempengaruhi perkembangan bisnis di sebuah negara, 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar