Sabtu, 29 September 2012

Cara Memulai Usaha Promotor

Saat ini usaha prromotor sudah mulai banyak di temukan di indonesia. Bahkan belom lama ini maroon 5 yang di promotori Java Musilindo menjulang untung besar, Oleh sebab itu usah promotor mulai menarik perhatiian para wiraushawan indonesia, dan sebelum memulai usaha ini kalian yang akan mengetahui trik dan cara memulai usaha yang baik. 

Berikut ini cara yang baik untuk memualai usaha promotor :

Memeriksa Jumlah Modal Yang Dimiliki
Anda harus mengetahui modal yang anda miliki. Karena Usaha inisangat berhubungan erat dengan keuangan, dalam hal ini ada beberapa jenis pormotor yang sesuai dengan modal anda. 
  1. Promotor acara resmi, Promotor ini menggunakan modal yang kecil, karena selain berasal dari kita modal juga berasal dari klien yang kita tangani. Contoh: Pernikahan, Kitanan, Wisudah
  2. Promotor Festival, Promotor ini menggunakan modal yang lumayan banyak, jika anda memiliki  sponsor yang ingin berkerja sama akan lebih kecil pengeluaran modal. Contoh: Festival musik,
  3. Promotor Even. Promotor ini memelukan Modal yang besar dan memiliki sponsor yang cukup banyak. Contoh: Konser Band Luar Negri, Konser Penyanyi Luar Negri. 
Mengerahui Apa Yang Diinginkan Konsumen
Dengan mengetahui hiburan yang dinginkan Konsumen/penonton, Usaha promotor ini harus bisa melihat hal yang sedang populer, singggap memfaatkan hal yang diingin konsumen, Serta mengertiapa yang diinginkan kosumen/Penonton. Hal ini dapat menjadi pemasukan kepada pihak promotor dan sponsor.

Pemilihan Sponsor
Memilih Sponsor merupakan cara kita untuk memperkecil pengeluaran modal kita. cara pilih lah sponsor yang sesuai dengan acara/even  kita, Mengetahui Bidikan pasar sponsor, membuat perjanjian yang saling menguntungkan bagi Sponsor dan kita, Dan Menjalin hubungan kerja sama yang baik dengan Sponsor.

Kemampuan Memenej/Pengaturan
Bagi promotor sikap menejemen yang baik merupakan kunci sukses utama. Karena usaha promotor ini merupakan usah team, dan pemimpin harus bisa berbuat adil dan membagi tugas yang baik. pengaturan dalam usah promotor terdiri dari pembagian tugas,seperti petugas keamana,petugas leglisasi/perijinan, petugas konsumsi, pencari sponsor dan artis, pembagian konsumen serta transportasi.

Perecruitmet Team/Karyawan
Recruitmet team ini dapat menentukan keberhasilan dan kekompetenan promotor. dalam perecruitmet harus memperhatikan ha-hal seperti Kemampuannya dalam berkomunikasi, kedisplinan, sigap/cekatan dalam berindak, dan memiliki inisiatif yang baik

Pembuatan Perjanjian Dengan Kosumen/Artis
Hal ini merupakan tindakan yang menetukan keberhasilan anda, dengan membuat perjanjian yang jelas dan terpelinci terhadap Konsumen/artis. Sehingga mereka mengetahui Hak dan Kewajiban yang mereka dapat

Sekian tips dari kami, Tips-Tips di atas merupakan beberapa Kunci keberhasilan Adrie Subono dalam memimpin Java MussiIndo dari awal berdi hingga saat ini.


Sumber : wawancara saya dan teman saya kepada Adrie Subono 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar